Di bawah ini adalah urutan kelasnya :
1. Burung
- Burung memiliki atribut utama antara lain (Sayap dan Paruh)
Silahkan anda buat terlebih dahulu Constructornya dari dua atribut di atas beserta Function atau
method yang diperlukan untuk mengembalikan nilai inputan berupa sayap dan paruh tersebut
Turunan dari kelas / Objek burung
1.1 Elang
- Elang memiliki atribut antara lain : sayap, paruh dan jenis hewan
Keterangan:
- Sayap berasal dari super class / turunan dari burung jadi pakailah keyword super untuk ambil nilainya yang berupa panjang sayapnya
- Paruh juga sama yakni mengambil nilai dari super class /turunan dari burung yakni panjang paruhnya
- Jenis Hewan merupakan bawaan asli dari class elang, jenis hewan di sini maksudnya adalah karnivora / herbivora
1.2 Kakatua
-Kakatua memiliki atribut antara lain : sayap, paruh dan jenis hewan
Keterangan:
- Sayap berasal dari super class / turunan dari burung jadi pakailah keyword super untuk ambil nilainya yang berupa panjang sayapnya
- Paruh juga sama yakni mengambil nilai dari super class /turunan dari burung yakni panjang paruhnya
- Jenis Hewan merupakan atribut asli dari class kakatua, jenis hewan di sini maksudnya adalah karnivora / herbivora
Silahkan anda membuat sebuah program Java sederhana yang desain nya sebagai berikut :
---------------------------------
Belajar Constructor
---------------------------------
1. Elang
2. Kakatua
Pilih Pilihan anda (1/2) :
Jika pilihan adalah 1 maka output yang keluar adalah :
1. Sayap : 1 meter
2. Paruh : 10 cm
3. Jenis Hewan : Karnivora
Jika pilihan adalah 2 maka output yang keluar adalah :
1. Sayap : 30 cm
2. Paruh : 5 cm
3. Jenis Hewan : Herbivora
Silahkan anda mencoba latihan ini dengan menggunakan konsep constructor dan inheritance
Untuk download modul bisa di labkom.stikom.edu lalu cari materi Pemograman Berbasis Objek
Selamat Mencoba
Referensi :
- Labkom STIKOM Surabaya, 2008. Modul Praktikum Pemograman Berbasis Objek. Surabaya:STIKOM Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar