Senin, 03 Oktober 2011

Latihan Praktikum PBO modul 3


Latihan untuk praktikum modul ke-3 ini adalah latihan mengenai Polymorhpism yakni objek yang memiliki banyak bentuk, memiliki nama yang sama, tetapi memiliki kelakuan atau behavior yang berbeda.
Nah sudah bingung? Bagus berarti anda sudah mulai ada niatan untuk belajar :p
Baiklah mari kita mulai  latihannya ,


Perhatikan susunan class dari  gambar 1 di bawah ini:





Gambar 1. Susunan Class Buah dan turunannya
Keterangan :
 - : private
+ : public             

Nah disini anda diminta untuk membuat terlebih dahulu susunan classnya kemudian dilanjutkan dengan membuat user interface pada kelas yang terdapat di  public static void main yakni sebagai berikut :




Menu Utamanya :
 ==============================
      Polymorphism pada buah-buahan 
==============================

  1.        Buah Jeruk
  2.        Buah Pisang
  3.        Lihat hasil inputan buah Jeruk
  4.        Lihat hasil inputan buah pisang
  5.        Keluar
Masukkan nomer pilihan anda (1-5) :
==============================
Jika user memilih pilihan no.1
==============================
                Buah Jeruk
==============================

  1.             Rasa              : Kecut
  2.            Warna            : Oranye
  3.             Berat (Gram)  : 200
Lalu kembali lagi ke menu utama
Jika user memilih pilihan no.2

==============================
                Buah Pisang
==============================

  1.        Rasa               : Manis
  2.        Warna            : Kuning
  3.      Berat (Gram) : 250


Jika user memilih pilihan no.3

==============================
                Deskripsi Buah Jeruk
==============================

  1.        Memiliki rasa Kecut
  2.        Berwarna Oranye
  3.        Beratnya 200 Gram
Kembali ke menu utama
Jika user memilih pilihan no.4
=============================
                Deskripsi Buah Pisang
==============================

  1.        Memiliki rasa Manis
  2.        Berwarna Kuning
  3.        Beratnya 250 Gram
Kembali ke menu utama
Adapun ketentuan pemograman nya adalah
1.       Menggunakan perulangan dan percabangan dalam peralihan menu utama ke menu pilihan (Bisa dilihat di modul praktikum bahasa pemograman)
2.       Pendeklarasian kelas untuk menunjukkan bahwa anda menggunakan polymorphism maka dilarang untuk menggunakan nama yang sama maka anda harus menggunakan array of class .
Contoh :
Misalkan saya hendak mendeklarasikan objek bernama pisang dari class Pisang maka pendeklarasiannya harus seperti di bawah ini

Buah pisang =  new Pisang();

Tidak boleh  menggunakan -> Pisang pisang = new Pisang(); atau  Buah pisang = new Buah ();

Demikian pula berlaku pada Jeruk






Tidak ada komentar:

Posting Komentar