Senin, 31 Oktober 2011

Pengenalan Operasi I/O (Operasi External File)

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi juga mampu untuk melakukan operasi Input/Output (I/O) pada sebuah data.
Java dapat melakukan operasi input yang dimana data diinputkan melalui keyboard, scanner dan lain-lain untuk kemudian data tadi di hasilkan ke dalam media output seperti layar, printer dan lain-lain.

Berdasarkan sumber yang saya baca ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Java untuk operasi I/O ini antara lain :
  • Stream
  • Operasi I/O pada layar
  • Operasi external file
  • Operasi internal file
  • Filter Stream 
  • Penggabungan File
  • Parsing (menguraikan data)
Untuk saat ini saya tidak menjelaskan semuanya tetapi saya ingin menjelaskan singkat mengenai operasi external file.

OPERASI EXTERNAL FILE

Operasi External File adalah operasi terhadap informasi berkenaan dengan file(bukan isi file itu sendiri), seperti nama, waktu modifikasi, kapasitas, hak akses, jenis dan lain-lain.Selain itu juga berkaitan dengan operasi pada fisik file seperti menghapus, mengubah nama, membuat direktori file, mengetahui keberadaan file dan lain-lain
Operasi external file dilakukan dengan menggunakan kelas File.

Baiklah di sini saya akan melampirkan sebuah contoh program sederhan tentan operasi external file ini pada gambar 1


Gambar 1. Contoh Program



Di sini seperti yang sudah ditulis di atas, kita perlu sebuah kelas file yakni File file =  new File(namafile). Kemudian barulah kita bisa melakukan sebuah operasi external file.
Dari contoh program pada gambar , ada beberapa method yang bisa dipakai antara lain getName(), getPath(), getAbsolutePath(),canWrite(), canRead() dan  length()

Masih banyak lagi method yang dipakai dalam operasi external file antara lain mkdir(), renameTo(File namafilepengganti), delete() dan lain-lain semunaya bisa dilihat pada dokumentasi Java resmi yang di buat oleh Oracle  di sini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar